ISD dan Ruang Lingkupnya

      Sebelum membahas topik di atas, alangkah baiknya kita memperdalam beberapa poin tentang ilmu pengetahuan, pengertiannya, jenis-jenisnya, sehingga saling berkaitan dengan materi pada judul di atas.

     Yang pertama adalah, apa yang dimaksud dengan Ilmu pengetahuan? Ilmu pengetahuan merupakan pembentukan pengetahuan yang bersifat terus menerus dengan tujuan menjelaskan fenomena untuk memahami hakikat, landasan, atau asal usul sehingga dapat diperiksa, dikaji, dan memperoleh hasil yang logis. Ilmu pengetahuan terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu:

A.   Ilmu alamiah (Natural sciences)

Ialah ilmu yang mengkaji tentang keteraturan-keteraturan dalam alam semesta dengan menggunakan metode ilmiah. Seperti : Ilmu fisika, kimia, biologi, dll.

B.    Ilmu sosial (social science)

Ialah ilmu yang mengkaji tentang keteraturan-ketetaturan dalam hubungan antar manusia satu dengan manusia yang lainnya. Seperti: Ilmu sosiologi, ekonomi, antroplogi, dll.

C.    Ilmu budaya (Humanities)

Ialah ilmu yang mengkaji tentang masalah-masalah manusia dan budaya yang bersifat manusiawi. Seperti: Ilmu bahasa, agama, kesenian, dll.

 

     Dari penjelasan di atas kurang lebih kita dapat mengetahui dan memahami apa itu Ilmu pengetahuan. Hal ini tentu saja akan berkaitan dengan materi utama kita yaitu ISD (Ilmu Sosial Dasar) karena keduanya saling berkaitan baik dalam masalah-masalah yang berhubungan maupun solusi-solusinya. Berikut penjelasan singkat mengenai ISD (Ilmu Sosial Dasar) berupa dan tujuannya.

     ISD atau kependekan dari Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah tentang masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat dengan menggunakan konsep, teori , dan fakta dalam lingkup ilmu-ilmu sosial. Ada pula tujuan dari ISD (Ilmu Sosial Dasar) sebagai berikut.

·      memahami dan menyadari adanya kenyataan masalah sosial di masyarakat.

·      peka terhadap masalah sosial dan berusaha mencari solusinya.

·      memahami jalan pikiran ahli-ahli di bidang lainnya agar bisa berkomunikasi dalam rangka penyelesaian masalah di masyarakat.

·      Dapat menghindari efek-efek negatif yang berasal dari masalah sosial masyarakat, baik untuk diri sendiri maupun mengingatkannya kepada orang lain.

 

     Selanjutnya adalah paparan mengenai ruang lingkup ISD (Ilmu Sosial Dasar). Apa itu ruang lingkup ISD? Ruang lingkup ISD adalah seberapa luasnya subjek-subjek yang tercakup atau terjangkau oleh ISD.

a.     Berbagai masalah kependudukan yang berhubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.

b.    Masalah individu,keluarga, dan masyarakat.

c.     Masalah pemuda dan sosialisasi.

d.    Hubungan antara warga negara dan negara.

e.    Lapisan sosial dan kesamaan derajat.

f.      Hubungan antara masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.

g.     Pemahaman mengenai pertentangan sosial dan integritas.

h.    Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

 

     ISD juga memiliki peran dalam bidang pendidikan, dimana ISD itu sendiri merupakan salah satu mata kuliah atau pokok bahasan pada jenjang perguruan tinggi. Oleh karena itu, ISD memiliki 3 golongan bahan ajaran, yaitu:

1.    Nilai yang menjadikan sebuah masalah masyarakat sebagai keperhatinan publik yang harus segera diselesaikan. Karena apabila tidak segera diselesaikan, dapat berdampak juga pada wilayah masyarakat yang belum pernah menghadapi masalah tersebut sehingga berpotensi untuk merusak/menghancurkan lingkungan sosial di dalamnya.

2.    Dapat menangani sebuah permasalahan yang timbul baik bersifat disengaja maupun tidak disengaja. Sebagai makhluk sosial, kita diharapkan bisa mempelajari masalah-masalah lingkungan agar dapat menciptakan kesejahteraan dan keharmonisan sosial.

3.    Memahami/memilah/membandingkan/mebedakan keterkaitan-keterkaitan masalah yang berhubungan satu sama lain. Hal ini disebabkan karena tidak mudahnya dalam mencari sumber masalah apabila keterkaitan masalah saling berikatan, dengan tujuan untuk mendapatkan solusi/penyelesaian.

 

     Terakhir, seperti yang sudah tertulis pada penjelasan di atas, terdapat kemiripan antara pokok bahasan ISD (Ilmu Sosial Dasar) dengan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Keduanya secara garis besar memiliki lingkaran bahasan yang hampir sama yaitu mengenai masalah-masalah sosial serta penyelesaiannya. Namun, berikut mengenai baik persamaan dan perbedaannya.

 

I.                   PERSAMAAN

# Merupakan bahan studi untuk pedidikan.

# Bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.

# Mempunyai pembahasan yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

# Keduanya sama-sama berperan dalam dunia pendidikan dengan tujuan memberikan pengetahuan/bekal mengenai kehidupan sosial kepada pelajar bangsa.

 

II.                PERBEDAAN

# Pembelajaran ISD hadir pada jenjang perguruan tinggi saja sedangkan IPS  mulai dari SD hingga jenjang SMA.

# ISD merupakan salah satu mata kuliah tunggal sedangkan IPS terdiri dari sejumlah mata pelajaran lanjutan.

# ISD diarahkan untuk pembentukan sikap sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan.

 

SUMBER-SUMBER

https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/ainulkholifah6461/5dba67ff097f360b5e376042/ilmu-pengetahuan-definisi-ilmu-pengetahuan-macam-macam-ilmu-pengetahuan-ciri-ciri-ilmu-pengetahuan-dan-skeptisisme-filsafat-ilmu

https://kuliahsemester1.wordpress.com/ilmu-sosial-dasar-2/ilmu-sosial-dasar/

https://simplyme1901.weebly.com/blog/ruang-lingkup-isd

https://www.google.com/amp/s/arfanart.wordpress.com/2011/10/06/sebutkan-tiga-golongan-bahan-pelajaran-ilmu-sosial-dasar/amp/

https://www.google.com/amp/s/dhikyajeje.wordpress.com/2016/12/15/persamaan-dan-perbedaan-isd-dengan-ips/amp/ 

Komentar