ISD dan Ruang Lingkupnya
Sebelum membahas topik di atas, alangkah baiknya kita
memperdalam beberapa poin tentang ilmu pengetahuan, pengertiannya,
jenis-jenisnya, sehingga saling berkaitan dengan materi pada judul di atas.
Yang pertama
adalah, apa yang dimaksud dengan Ilmu pengetahuan? Ilmu pengetahuan merupakan
pembentukan pengetahuan yang bersifat terus menerus dengan tujuan menjelaskan
fenomena untuk memahami hakikat, landasan, atau asal usul sehingga dapat
diperiksa, dikaji, dan memperoleh hasil yang logis. Ilmu pengetahuan terbagi
menjadi 3 kelompok, yaitu:
A. Ilmu
alamiah (Natural sciences)
Ialah ilmu yang mengkaji tentang keteraturan-keteraturan
dalam alam semesta dengan menggunakan metode ilmiah. Seperti : Ilmu fisika,
kimia, biologi, dll.
B. Ilmu sosial
(social science)
Ialah ilmu yang mengkaji tentang keteraturan-ketetaturan
dalam hubungan antar manusia satu dengan manusia yang lainnya. Seperti: Ilmu
sosiologi, ekonomi, antroplogi, dll.
C. Ilmu budaya
(Humanities)
Ialah ilmu yang mengkaji tentang masalah-masalah manusia dan
budaya yang bersifat manusiawi. Seperti: Ilmu bahasa, agama, kesenian, dll.
Dari penjelasan di
atas kurang lebih kita dapat mengetahui dan memahami apa itu Ilmu pengetahuan.
Hal ini tentu saja akan berkaitan dengan materi utama kita yaitu ISD (Ilmu
Sosial Dasar) karena keduanya saling berkaitan baik dalam masalah-masalah yang
berhubungan maupun solusi-solusinya. Berikut penjelasan singkat mengenai ISD
(Ilmu Sosial Dasar) berupa dan tujuannya.
ISD atau
kependekan dari Ilmu Sosial Dasar
adalah pengetahuan yang menelaah tentang masalah-masalah sosial yang ada dalam
masyarakat dengan menggunakan konsep, teori , dan fakta dalam lingkup ilmu-ilmu
sosial. Ada pula tujuan dari ISD (Ilmu Sosial Dasar) sebagai berikut.
·
memahami dan menyadari adanya kenyataan masalah sosial
di masyarakat.
·
peka terhadap masalah sosial dan berusaha mencari
solusinya.
·
memahami jalan pikiran ahli-ahli di bidang lainnya
agar bisa berkomunikasi dalam rangka penyelesaian masalah di masyarakat.
·
Dapat menghindari efek-efek negatif yang berasal dari
masalah sosial masyarakat, baik untuk diri sendiri maupun mengingatkannya
kepada orang lain.
Selanjutnya adalah
paparan mengenai ruang lingkup ISD (Ilmu Sosial Dasar). Apa itu ruang lingkup
ISD? Ruang lingkup ISD adalah seberapa luasnya subjek-subjek yang tercakup atau
terjangkau oleh ISD.
a. Berbagai
masalah kependudukan yang berhubungan dengan perkembangan masyarakat dan
kebudayaan.
b. Masalah
individu,keluarga, dan masyarakat.
c. Masalah
pemuda dan sosialisasi.
d. Hubungan
antara warga negara dan negara.
e. Lapisan
sosial dan kesamaan derajat.
f. Hubungan antara
masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
g. Pemahaman
mengenai pertentangan sosial dan integritas.
h. Pemanfaatan
ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
ISD juga memiliki
peran dalam bidang pendidikan, dimana ISD itu sendiri merupakan salah satu mata
kuliah atau pokok bahasan pada jenjang perguruan tinggi. Oleh karena itu, ISD
memiliki 3 golongan bahan ajaran, yaitu:
1. Nilai yang
menjadikan sebuah masalah masyarakat sebagai keperhatinan publik yang harus
segera diselesaikan. Karena apabila tidak segera diselesaikan, dapat berdampak
juga pada wilayah masyarakat yang belum pernah menghadapi masalah tersebut
sehingga berpotensi untuk merusak/menghancurkan lingkungan sosial di dalamnya.
2. Dapat menangani
sebuah permasalahan yang timbul baik bersifat disengaja maupun tidak disengaja.
Sebagai makhluk sosial, kita diharapkan bisa mempelajari masalah-masalah
lingkungan agar dapat menciptakan kesejahteraan dan keharmonisan sosial.
3. Memahami/memilah/membandingkan/mebedakan
keterkaitan-keterkaitan masalah yang berhubungan satu sama lain. Hal ini
disebabkan karena tidak mudahnya dalam mencari sumber masalah apabila keterkaitan
masalah saling berikatan, dengan tujuan untuk mendapatkan solusi/penyelesaian.
Terakhir, seperti
yang sudah tertulis pada penjelasan di atas, terdapat kemiripan antara pokok
bahasan ISD (Ilmu Sosial Dasar) dengan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Keduanya
secara garis besar memiliki lingkaran bahasan yang hampir sama yaitu mengenai masalah-masalah
sosial serta penyelesaiannya. Namun, berikut mengenai baik persamaan dan
perbedaannya.
I.
PERSAMAAN
# Merupakan bahan studi untuk pedidikan.
# Bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
# Mempunyai pembahasan yang terdiri dari kenyataan sosial dan
masalah sosial.
# Keduanya sama-sama berperan dalam dunia pendidikan dengan
tujuan memberikan pengetahuan/bekal mengenai kehidupan sosial kepada pelajar
bangsa.
II.
PERBEDAAN
# Pembelajaran ISD hadir pada jenjang perguruan tinggi saja
sedangkan IPS mulai dari SD hingga
jenjang SMA.
# ISD merupakan salah satu mata kuliah tunggal sedangkan IPS
terdiri dari sejumlah mata pelajaran lanjutan.
# ISD diarahkan untuk pembentukan sikap sedangkan IPS
diarahkan untuk pembentukan keterampilan.
SUMBER-SUMBER
https://kuliahsemester1.wordpress.com/ilmu-sosial-dasar-2/ilmu-sosial-dasar/
Komentar
Posting Komentar